Cari Blog Ini

Welfare's Time

Pengikut

Popular posts

Visitor

Flag Counter
Unknown On Senin, 22 April 2013



Beberapa jenis perangkat hardware komputer dan fungsinya

Ketika membeli laptop atau komputer, anda tak pelak lagi akan dihadiahi lembaran spesifikasi ala bahasa sandi yang sulit dipahami oleh bahkan pengguna berpengalaman sekalipun. Tenang saja, saya akan mencoba menjelaskan apa maksud apa itu hardware komputer dan fungsinya sehingga anda bisa memilih spesifikasi jenis laptop atau komputer yang sesuai dengan kebutuhan anda. Berikut beberapa komponen perangkat hardwareyang umumnya terdapat pada komputer atau laptop

Hard Drive

Ini adalah disk ruang simpan kapasitas tinggi yang menampung sumua file dan folder anda. Makin besar kapasitasnya, makin makin banyak data yang bisa anda simpan. Kapasitas Hard Drive di laptop dan komputer  modern biasanya mulai dari 160 GB dan bisa mencapai lebih dari 1 TB. 250 GB sudah lebih dari cukup untuk anda, memungkinkan anda menyimpan banyak koleksi music dan ribuan foto. 


Kartu Grafis   

Kartu grafis bertugas untuk mengantarkan gambar ke layar komputer. Ada dua tipe: Terintegrasi dan Terdedikasi. Memilih produk yang tepat ketika anda membeli laptop sangatlah penting karena anda tidak dapat dengan mudah meng-upgrade –nya di kemudian hari. Chip terintegrasi seperti Intel GMA adalah yang termurah dan ditujukan untuk menjalankan fungsi dasar, sementara Chipterdedikasi dari NVidia menyediakan lebih banyak tenaga untuk Gaming, dan sebagainya.   

Prosesor

Ini adalah otak komputer anda dan fungsinya adalah memproses data yang anda masukkan ke dalamnya. Makin pintar prosesor, makin gegas PC anda berjalan dan makin banyak tugas yang anda dapat jalankan secara bersamaan. Prosesor Intel Core generasi kedua terkini, yang dikenal sebagai i3, i5, dan i7, serta AMD A Series, hadir dengan grafis yang disertakan sebagai bagian dari prosesor, yang berarti anda dapat menonton film HD dan main game dengan dana tak terbatas. 

Memori 

Selagi PC anda berjalan, ia menyimpan informasi ke dalam memori super cepat. Sehingga ia dapat memanggilnya kembali ketika anda berpindah program dan menggunakan Windows. Memori super cepat inilah yang disebut dengan RAM. Makin besar RAM yang anda punyai, makin gegas performa PC anda. Ini membuat PC anda terasa responsive dan penting untuk menjalankan program dan situs web yang berat. 


Drive Optikal 

Drive optikal memungkinkan anda untuk menyimpan file ke format disk eksternal, seperti CD, DVD, dan Blu-ray, sekaligus juga memungkinkan anda mendengarkan music dan menonton film. Beberapa laptop dan menawarkan drive drive Tri-Format DVD DL-  yang juga dikenal sebagai drive DVD SuperMulti. Ini mendukung semua format DVD dan CD anda saat ini, dan juga memungkinkan anda menyimpan data ke CD dan DVD dual-layer. Drive Blu-ray hanya tersedia di laptop yang lebih mahal, memungkinkan anda menikmati film berdefinisi tinggi (HD). 

Power Supply Unit (PSU)

Power Supply berfungsi sebagai pengkonversi dan penyalur energi listrik dari outlet sumber listrik ke dalam energi listrik yang dapat digunakan untuk menjalankan komponen komputer. Umumnya, PSU ini diletakkan di bagian belakang casing.


Scanner dan Printer 

 Scanner berfungsi sebagai alat pemindai input data dari luar komputer ke dalam bentuk elektronik yang dapat diolah secara digital. Sedangkan Printer berfungsi sebagai alat cetak output dari dokumen elektronik baik dalam bentuk teks maupun grafis ataupun dalam berbagai bentuk.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments